Komputer...

Apa itu komputer?

Menurut Wikipedia, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

uda tau lah itu si anak kecil juga hehehe...

pada dasarnya komputer terdiri dari 2 global devices (benda), yaitu :

  1. Monitor (tampilan), yang berfungsi sebagai keluaran (output) dengan cara menampilkan secara visual dari hasil kerja CPU
  2. CPU (Central Prosessing Unit), yang berfungsi untuk memproses perintah dan data dari perangkat lunak (software) dan sistem operasi yang dikehendaki. atau anda bisa baca sendiri secara lengkap di sini.
Monitor merupakan satu unit hardware komputer yang solid, maksudnya tidak terdiri dari bagian-bagian yang dapat di preteli (dipisah-pisah) dengan mudah, karenanya perbaikan monitor tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, melainkan memerlukan pengetuhuan dan keahlian yang cukup dalam bidang elekto.

sedangkan CPU terdiri dari beberapa bagian hardware yang terpisah-pisah dan dapat dengan mudah untuk di pelajari tentang cara-cara perbaikannya apabila terdapat kerusakan pada CPU tersebut. Oleh karena itu saya akan mencoba untuk menjelaskan bagian-bagian apa saja yang terdapat dalam CPU berikut fungsi-fungsinya.

Pada dasarnya CPU terdiri dari :
  1. Motherboard (papan sirkuit induk) adalah tempat semua komponen yang lain bergabung dengan sistem socket (plugin) gambar :
  2. Prosessor (pengolah data) adalah sebuah komponen inti (otak komputer) yang berfungsi sebagai pengolah data dari input atau perintah yang diberikan oleh perangkat lunak atau sistem operasi. gambar prosessor dan tempat peletakannya :
  3. Heatsink/Cooler (Pendingin) adalah sebuah alah pendingin dengan sistem kerja kipas dan atau air yang berfungsi untuk mendinginkan suhu prosessor demi menjaga kestabilan kinerja dan ketahanan fisik dari prosessor tersebut. Fungsi pendingin disini sangatlah fital, apabila terjadi kerusakan pada kinerja pendingin maka suhu prosessor akan semakin panas dan dapat di pastikan prosessor akan rusak kurang dari 1 jam pemakaian. Letak pendingin berada tepat diatas prosessor dan harus dipastikan menempel (rapat) pada seluruh permukaan prosessor. Gambar :
  4. RAM (Random Access Memory) Menurut Wikipedia, Memori akses acak adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Apabila terjadi kerusakan pada RAM, maka dapat di pastikan komputer tidak dapat menampilkan data ke monitor (Blank / Black Screen), dan biasanya akan ada pemberitahuan dari motherboard berupa bunyi-bunyian yang khas, (anda akan tau bunyi tersebut apabila anda sering mendengarkannya). Gambar :
  5. VGA (Video Graphics Adapter) adalah sebuah Komponen yang berfungsi sebagai penerjemah data video/visual yang telah diproses komputer ke monitor. Seperti halnya pada RAM, maka apabila terjadi kerusakan pada VGA juga dapat di pastikan komputer tidak dapat menampilkan data ke monitor (Blank / Black Screen), dan biasanya akan ada pemberitahuan dari motherboard berupa bunyi-bunyian yang khas, (anda akan tau bunyi tersebut apabila anda sering mendengarkannya). Gambar :
  6. Sound Card (Kartu Suara) adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai penerjemah data audio/suara yang telah diproses komputer ke speaker/pengeras suara. Apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut maka komputer tidak dapat menerima dan atau mengeluarkan suara. Gambar :
  7. Harddisk (penyimpan data) adalah sebuah piranti yang berfungsi sebagai media penyimpanan data, baik sebagai penyimpan data Sistem Operasi (OS) maupun data-data yang lain seperti file musik, video, ataupun data-data yang lain. untuk lebih detailnya silahkan buka disini. Apabila terjadi kerusakan pada harddisk maka BIOS (Basic Input Output System) tidak akan mendeteksi keberadaannya, sedangkan data Sistem Operasi ada didalamnya, maka secara otomatis sistem operasipun tidak akan berjalan dan biasanya akan ada keterangan "Disk boot Failure" pada akhir booting screen. Gambar :
  8. CD/DVD Rom adalah sebuah piranti yang berfungsi untuk membaca dan atau menulis data dari CD atau DVD. piranti ini sangat diperlukan keberadaannya pada saat akan dilakukan penginstalan Sistem Operasi saja. untuk keperluan lainnya adalah sebuah pilihan saja. Gambar :
  9. Power Suply (Pemasok Energi) adalah sebuah piranti yang berfungsi sebagai adaptor listrik AC menjadi DC (3 volt, 5 volt dan 12 Volt) sehingga dapat memasok energi yang dibutuhkan oleh komputer seuai dengan kapasitasnya. Apabila terjadi kerusakan pada piranti tersebut maka komputer tidak dapat hidup (mati). Gambar : 
  10. Cassing (Cangkang) adalah sebuah tempat dimana semua komponen komputer dipasangkan sehingga terlihat bagus dan rapi. Gambar :
Demikian penjelasan singkat saya tentang dasar-dasar perangkat komputer personal (PC) beserta fungsi dan analisa gejala kerusakannya.
Mungkin bagi sebagian besar orang sudah tidak asing lagi bahkan sudah diluar kepala mengetahuinya dari dulu, tapi disini saya sengaja membuatnya dengan bahasa yang sangat sederhana sekali berdasarkan pada metoda "learning by doing" seperti yang saya terapkan terhadap anak didik saya yang rata-ratanya masih tingkatan SMP dan SMA.
semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Posting Komentar